ASYIKNYA BISNIS ONLINE

   Dahulu untuk memulai bisnis atau berjualan, kita perlu memikirkan banyak hal. Salah satunya yang rumit adalah tempat atau lapak kita berjualan. Namun kini tidak perlu pusing lagi, karena dengan kemajuan zaman yang segalanya dapat dilakukan dengan internet, bisnis online menjadi primadona di masyarakat.

  Banyak pula layanan e-commerce yang dapat kita manfaatkan untuk memulai bisnis online dengan beragam fasilitas untuk membantu kinerja pebisnis online. Saking mudahnya, kita hanya perlu memotret barang yang kita jual, menerima pesanan dari pembeli, dan mengirim pesanan melalui jasa kurir tanpa harus bertemu konsumen.

KELEBIHAN BISNIS ONLINE

1. Memiliki Kebebasan

    Kebebasan sebagai pebisnis online sangat bervariatif, seperti bebas dalam menentukan waktu bekerja, berpakaian, hingga dapat mengembangkan ide-ide kreatif dalam berjualan dengan keinginan kita. Namun tentu dengan catatan, walaupun bebas tetapi tetap disiplin dan konsisten dalam berbisnis online.

2. Tidak Terikat Perusahaan / Lembaga

    Dalam berbisnis online, kita dapat membuat bisnis apapun yang kita inginkan. Misalnya saat berjualan pakaian, kita dapat melebarkan sayap ke bidang lain misalnya elektronik, perkakas rumah tangga, dan sebagainya.

3. Keseimbangan antara Work dan Life

    Banyak pegawai kantoran yang memiliki pekerjaan yang sangat menyita waktu, sehingga antara work dan life tidak balance. Namun dengan berbisnis online, kita bekerja di rumah sehingga dapat bertemu keluarga dengan waktu yang lebih sering.

4. Hemat Waktu dan Tenaga

    Jika berjualan secara konvensional, kita harus mengorbankan waktu untuk pergi ke tempat berjualan. Belum lagi harus bertransaksi secara langsung dengan konsumen setiap hari yang tentunya menguras tenaga. Dengan berbisnis online, hanya dengan sarana laptop / pc dan akses internet, kita dapat memasarkan dan bertransaksi secara online. Bahkan, untuk mengirim pesanan kita dapat memanggil jasa kurir ke rumah. Sangat praktis!

5. Biaya yang Murah, Bahkan Tanpa Modal!

    Selain dapat berbisnis online dengan biaya murah, kita pun dapat menggunakan sistem dropship atau pre-order tanpa memerlukan modal sesuai dengan video animasi di atas! 

    Dropship adalah sistem dimana kita meminta seller / supplier untuk mengirimkan barang ke customer kita dengan mencantumkan nama, alamat, no.hp toko kita sebagai pihak pengirim.

    Sedangkan Pre-Order adalah sistem pembelian barang dengan memesan dan membayar terlebih dahulu sebelum produksi dimulai, dengan estimasi / perkiraan waktu tunggu (estimasi/perkiraan) sampai barang tersedia.

   Tunggu apalagi? Untuk langkah pertama, mulailah dengan berjualan barang sesuai dengan hobi. Misalnya suka fashion, maka berjualan pakaian. Jika penggila sepakbola, tentunya dapat menjual jersey tim sepakbola.

   Yuk Berbisnis Online! :D

    Tulisan ini dibuat untuk mengikuti Blog Competition yang diselenggarakan oleh Dumet School. Tempat kursus terbaik dan terpercaya? Ya Dumet School!